Rabu, 02 November 2011

ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB

ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL
Yang dimaksud dengan etika bisnis adalah cara-cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan, industri dan juga masyarakat.
Bisnis harus menyadari tanggung jawab terhadap pemangku kepentingan perusahaan dan membuat keputusan yang mencerminkan tanggung jawab.
Ada dua pihak yang terlibat dengan tata cara etika bisnis yaitu :
1. Pihak internal (pihak dalam) : Pihak yang berkepentingan secara langsung terlibat dengan kegiatan perusahaan, yaitu : pemegang saham, manager, karyawan dll.
2. Pihak eksternal (pihak luar) : Pihak yang berkepentingan secara tidak langsung terlibat dalam kegiatan perusahaan, yaitu : konsumen, masyarakat, pemerintah, lingkungan hidup dll.
Perusahaan juga memiliki tanggung jawab terhadap para pelanggan diantaranya dengan kosekuensinya, adapun kosekuensi dari perusahaan itu sendiri adalah sebagai berikut :
Praktek produksi yang bertangung jawab meliputi dari:
1. Produksi yang menjamin keselamatan pelanggan
2. Memiliki label peringatan semestinya untuk mencegah efek samping yang negatif
Pratek penjualan yang tertanggung jawab :
1. Pedoman harga yang semestinya
2. Periklanan yang beretika
3. Lakukan survei kepuasan pelanggan
Setelah perusahaan melakukan kosekunsi nya terhadap pelanggan barulah sebuah perusahaan harus memikirkan gimana cara mereka mengetahui tentang kepuasaan pelanggan mereka supaya pelanggan royal terhadap produk dari yang perusahaan itu tawarkan. Adapun langkah-langkah yang di ambil sebagai berikut :
1. Menetapkan kode tanggung jawab
Perusahaan menerbitkan pedoman yang berisi mengenai bagaimana karyawan, pelanggan dan pemilik selayaknya harus diperlakukan.


2. Memantau keluhan pelanggan
Perushaan memberikan nomor akses yang pasti jika pelanggan memiliki keluhan mengenai kualitas produk dan perlaku menan yang diterima dari karyawan perusahaan.
3. Memperoleh dan menggunakan umpan balik perusahaan
Perusahaan dapat meminta pelanggan untuk memberikan umpan balik atas produk atau jasa yang baru mereka beli untuk mendeteksi kualitas produk dan customer service.
Kesimpulan :
Kita dapat memahami betapa terkaitannya etika bisnis dengan tanggung jawab, mereka sangat berperan penting dalam menjaga atau mempertahankan konsumen supaya produk perushaan tersebut terus menerus dibeli oleh konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar